Sunday, June 24, 2012

cara atasi error: unknown filesystem grub rescue>


Karena tak ada lagi pekerjaan, iseng-iseng bongkar CPU bermaksud bersih-bersih komputer dari debu dan kotoran. Dan setelah kubuka CPU PC jadul Pentium IV Socket 478 dengan RAM 512 Proc 1.7Ghz HDD 20GB, ternyata bersarang menyerupai rumah laba-laba dan debu yang menumpuk, maklum sudah hampir 2 tahun tak pernah kubersihkan.

setelah semuanya bersih, kemudian kupasang lagi dan kuhidupkan.

Kebetulan yang terinstall di PC tersebut adalah Lubuntu 10.04.
sempat garuk-garuk kepala karang nggak bisa booting, ada pesan eror seperti dibawah ini :
error: unknown filesystem
grub rescue> 

dari keterangan error tersebut bahwa komputer tidak bisa menemukan lokasi filesystemnya.
ada beberapa cara untuk memperbaiki error tersebut, yang pertama menggunakan liveCD, dan yang kedua langsung di repair dari tampilan error tersebut (rescue system).

karena PC jadul ku itu tidak memiliki CDRoom (waktu install dulu lewat LAN) maka dengan tanpa basa basi kuputuskan untuk set ulang dari grub itu.

begini caranya dan langkah2 yang saya lakukan :
error: unknown filesystem
grub rescue> set                 # << saya ketik set kemudian enter
prefix=(hd0,1)boot/grub          # << keluar ini
root=(hd0,1)                     # << dan ini
grub rescue>

kemudian dengan keterangan yang keluar setelah saya ketik set saya berkesimpulan disitulah lokasi filesystemnya.

kemudian saya ketik lagi :
....... 
grub rescue> set prefix=(hd0,1)boot/grub          # << ketik sesuai dengan yang keluar setelah perintah set diatas terus enter
grub rescue> set root=(hd0,1)                     # << dilanjut baris kedua dan enter
grub rescue>

kemudian aku restart PC nya dengan menekan ctrl+alt+delete

dan.... jreeee..ngg..
lubuntu 10.04 kembali booting normal seperti biasa.

itu pengalaman ku.
gimana pengalaman anda ??
loading...
conference calling - cheap auto insurance - consolidate student loan - life insurance quote - cheap car insurance - refinance home
Comments
4 Comments

4 comments:

  1. bacok aja kalau ga mempan

    ReplyDelete
  2. Oke bisa bang, meski saya pake windows 10 sih, tapi tetep jadi terima kasih bang:v

    ReplyDelete

No Spam..!! komentar spam akan saya hapus.
Tuliskan Nama Anda untuk memudahkan response.